Jenis Tinta dan Cat Sablon Manual

Tinta diatas bahan kaos terdiri dari 2 jenis tinta, yaitu tinta yang berbasis air atau Waterbase inks dan tinta yang berbasis minyak atau Solvenbase. Tinta solvenbase sering disebut dengan istilah Plastisol.

1. JENIS TINTA WATERBASE

a. Tinta Rubber

Tinta ini bisa untuk kaos berwarna gelap maupun terang karena sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain. Untuk sablon diatas dasar kain yang melar dibutuhkan cat rubber dengan ramuan khusus agar cat dapat mengikuti kelenturan kain dan berdaya tahan lama. Tinta rubber umumnya digunakan untuk underbase, underbase sendiri difungsikan sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna-warna diatasnya. Tinta rubber sendiri dibagi menjadi dua jenis untuk dua fungsi kegunaan. Jenis pertama adalah tinta rubber white yang digunakan untuk underbase/dasar (biasanya untuk warna kain gelap agar warna sablon yang dihasilkan maksimal maka dipergunakan tinta dasar terlebih dahulu), bisa juga digunakan untuk mendapatkan warna-warna pastel/muda. Jenis kedua adalah rubber color yang digunakan untuk pencampuran warna-warna tua. Untuk mendapatkan warna putih yang bersih dan cemerlang, campurkan tinta rubber white dengan sedikit pigmen/pewarna berwarna.

b. Tinta Transparan

Umumnya disebut dengan coating, karena dapat difungsikan sebagai pelapisan hasil sablon, sehingga hasil sablon lebih cemerlang atau mengkilap. Tinta ini memiliki bentuk seperti tinta extender yang transparan, tetapi memiliki kandungan yang lebih kuat atau lebih keras. Tinta ini baik sekali untuk teknik penyablonan separasi empat warna dengan terlebih dahulu memberikan rubber white pada permukaan bahannya.

c. Tinta Extender

Tinta ini bersifat transparan, hanya cocok untuk penggunaan diatas bahan putih atau bahan-bahan berwarna terang. Sifat dari cat ini adalah menyatu/menyerap pada bahan.

d. Tinta Super White

Tinta ini hampir sama jenisnya dengan tinta rubber, terdiri dari dua jenis yaitu white dan color. Tinta ini sifatnya lebih mendekati tinta extender yaitu menyatu dengan bahan dan transparan, serta dapat disablon diatas dasar bahan berwarna gelap.

e. Tinta Puff/Timbul

Tinta ini terdapat pada kedua jenis tinta baik underbase maupun plastisol. Tinta ini memerlukan pemanasan yang akan mengakibatkan tinta ini mengembang dengan efek timbul.

2. JENIS TINTA SOLVENBASE/PLASTISOL

Tinta ini berbahan dasar PVC dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil (biasanya untuk gambar-gambar foto yang memiliki detail dan tekstur pixel/raster) dengan hasil prima namun harganya cukup mahal serta membutuhkan peralatan khusus untuk pengeringannya. Sebab tinta ini tidak dapat kering dengan sendirinya seperti tinta waterbase pada umumnya. Untuk dapat kering dengan baik, tinta ini memerlukan suhu mencapai 160 derajat celcius serta membutuhkan beberapa peralatan seperti conveyor curing dan flash curing. Cat ini tanpa limbah dan sangat irit. Sayangnya butuh invest yang banyak bila menggunakan cat ini karena untuk mengeringkannya dibutuhkan sinar infra merah. Setelah pengeringan dengan benar, tinta plastisol ini memiliki daya rekat yang sangat baik. Tinta ini sering digunakan untuk menciptakan efek-efek yang menakjubkan seperti high density dan t-shirt yang menggunakan tinta plastisol selalu diberi peringatan “Do not iron on design”, sebab tinta ini akan meleleh jika terkena panas secara langsung dari setrika. Jenis dari cat platisol diantaranya sebagai berikut:

a. Tinta All Purpose

Tinta ini berbentuk transparan, bersifat seperti extender pada tinta waterbase. Sebab tinta ini hanya baik digunakan pada kain berwarna putih atau terang.

b. Tinta High Opacity

Tinta ini mempunyai sifat seperti rubber dalam waterbase, hanya saja tinta ini mempunyai daya tutup yang lebih baik pada permukaan bahan jika dibandingkan dengan tinta rubber. Tinta ini dapat digunakan untuk teknik high density.

c. Tinta Athletic Plastisol

Tinta ini bersifat lentur atau elastis sehingga sangat cocok untuk penyablonan diatas kain polymesh, spandex atau kain dengan motif berlubang-lubang.

d. Cork Base

Berjenis plastisol, tinta ini dapat digunakan untuk teknik high density yang akan menghasilkan efek seperti busa atau gabus. Tinta ini memiliki kelenturan dan fleksibelitas yang tinggi sehingga cukup baik untuk penyablonan diatas bahan yang memiliki kelenturan tinggi seperti bahan Spandek dan Rib. Tinta ini juga tidak diperbolehkan untuk di dry clean, bleach atau disetrika.

e. Shimmer Gold & Base

Tinta dari jenis plastisol ini diformulasikan untuk menghasilkan warna seperti metalik. Tinta ini berbentuk pasta dan siap pakai. Tinta ini sangat baik digunakan untuk heat transfer, baik itu cold peel maupun hot peel. Sangat baik digunakan pada kain knitting, cotton, polyster dan rayon. Tidak disarankan untuk pemakaian pada kain jenis nylon atau lycra.

f. High Density Clear

Tinta yang bersifat transparan, tinta ini menghasilkan efek sablon yang mengkilap dan terkesan basah.

g. Wilflex Luna Clear

Tinta plastisol transparan yang tidak terlihat dengan sinar lampu biasa, akan muncul jika terkena sinar ultraviolet.

h. Natural Suade

Tinta plastisol yang menghasilkan efek kulit yang sangat lembut.

3. JENIS TINTA DAN TEKNIK LAINNYA:

a. Yellow Sparkle

Bubuk yang diformulasikan untuk menimbulkan kesan berkelip-kelip, serta memiliki tampilan yang glosy. Untuk mencetak bubuk ini, sebelumnya harus mencetakkan tinta plastisol sebagai dasar sekaligus sebagai perekat bubuk ini.

b. Foil Transfer

Aluminium foil dalam bentuk lembaran seperti kertas. Selain warna silver dan gold, foil juga tersedia dalam macam warna dan motif. Untuk media tempelnya foil ini membutuhkan lem khusus.

c. Pigmen

Ini cat yang biasa dipakai untuk kaos berwarna terang karena sifatnya yg menyerap kedalam kain.

d. Flock

Teknik sablon yang menghasilkan efek cetakan seperti beludru. Terdapat dua jenis flock, bubuk dan lembaran. Untuk lembaran membutuhkan lem khusus sebagai media perekatnya.

e. Sugar Printing

Aplikasi sablon yang berbentuk bubuk transparan mirip gula pasir.

f. Glow In The Dark

Berbentuk serbuk yang menyerap dan memantulkan sinarnya kembali didalam ruangan gelap. Bisa berupa rubber, pigmen maupun plastisol.

g. Reflective Powder

Serbuk yang dapat memantulkan sinar jika terkena cahaya lampu atau sinar matahari.

h. Discharge Agent

Adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencabut warna dasar kain, sehingga warna bahan menjadi putih/grey. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna  kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable. Cat ini memiliki kemampuan menipiskan/menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan

i. Distressed atau Vintage

Teknik inovasi grafik dengan membuat tekstur sehingga gambar terlihat pecah-pecah dan terlihat usang/kuno.

j. Shatter Base

Jenis tinta untuk menciptakan kesan pecah (crack). Tinta ini diciptakan agar mudah pecah saat mengering dan untuk pengeringan membutuhkan flash curing.

k. Rock Base

Teknik high density menggunakan tinta rock base untuk menghasilkan cetakan dengan permukaan kasar seperti batu.

l. Sublimation Transfer

Gambar yang dicetak diatas kertas transfer, yang kemudian ditransfer ke kaos menggunakan hotpress. Sublimation transfer umumnya terbagi dalam menjadi dua jenis, hot peel dan cold peel.

1)   Hot Peel

Gambar yang diprint diatas kertas transfer.

2)   Cold Peel

Kertas transfer yang berisi gambar jadi dengan berbagai jenis pilihan. Jenis cold peel ini jika diaplikasikan diatas kain kaos akan menghasilkan tekstur seperti tinta rubber, dan dapat diaplikasikan diatas dasar bahan terang maupun gelap. Sebab dalam pembuatannya cold peel menggunakan tinta plastisol.

3)   Rhinestones Heat Press

Aplikasi yang digunakan untuk dekorasi dalam garmen, mempunyai beragam nama sesuai dengan bahan yang digunakan, anatara lain nailheats, rhinestones dan swarovski crystals. Cara pengaplikasiaannya hanya dengan memanaskannya dengan mesin hot press pada suhu 160 derajat celcius selama 10 detik.

4)   High Frequency Welding

Proses aplikasi menggunakan mesin high frequency, seperti aplikasi plastik PVC diatas kain.

5)   Emboss Print

Aplikasi yang menggunakan mesin press tekanan tinggi untuk menciptakan hasil emboss diatas bahan.

Nb: Semua artikel yang ada berdasarkan teori yang kami dapatkan dari internet maupun sumber lainnya. Untuk hasil yang sebenarnya terjadi dilapangan harap bisa lebih dipahami dan disikapi dengan lebih bijak.

Silahkan anda bagikan info ini asalkan meminta ijin terlebih dahulu melalui kolom komentar.

Mari kita mulai hargai karya kreatif orang lain dari sekarang..

69 Tanggapan

  1. sy punya kaos yg sablonnya uawet bgt..
    warna kaos dah luntur tp sablonnya masuh utuh(tdk mengelupas),paling cm warna sablonnya yg berkurang awetnya..
    tanya:
    1. bahan tinta/sablonnya pake jenis yg mana tu?
    2. carannya?

    • Selamat pagi..

      Maaf, untuk kaos nya ini sablon digital atau manual ya…

      Untuk sablon manual biasa jenis yang awet itu berbasis waterbase….. karena waterbase itu sifatnya menyerap ke kaos… selain itu juga perlakukan terhadap kaos bisa buat kaos awet… bisa di lihat di
      http://kreatif9.wordpress.com/artikel-kreatif/mau-kaos-anda-awet
      untuk membuatnya sama seperti biasa.. kalo manual dengan teknik menggunakan screen… tapi terkadang ada yang menggunakan kombinasi.. setelah di screen dengan manual dan kering, sablonan juga di press dengan mesin supaya lebih merekat..

      Terima kasih… semoga membantu

  2. thanks a lots gan

  3. mantap gan…

  4. saya minta bantuanya,,
    mas pernah tau tentang sablon menggunakan bhan PVC FLECK….????

    • Selamat siang…

      Untuk bahan pvc fleck itu setahu saya biasanya dipergunakan untuk sablon nama dan nomer punggung di jersey bola mas.. Sistemnya gak jauh beda seperti sablon digital dan membutuhkan mesin press kaos agar bahan bisa menempel kuat pada kaos nya.

      Semoga membantu. Terima kasih🙂

  5. Untuk kain waterproof sperti taslan, micro, tafeta, parasut menggunakan tinta jenis apa ya?

    • Bahan-bahan yang mas sebutkan itu biasanya diaplikasikan dengan bordir mas karena jenis tekturnya yang berbeda dengan bagan katun yang mudah di sablon.
      Kalau mas mau menggunakan sablon, harus lebih teliti dan hati-hati karena cukup sulit. Jenis tinta yang bisa dipergunakan biasanya berbasis minyak sehingga tidak mudah menembus kain.

      Tapi lebih baik mungkin menggunakan bordir khususnya untuk bahan micron dan taslan.

      Terima kasih, semoga membantu🙂

  6. ijin share ya gan

  7. mau tanya kalo yg jual tinta sablon yg lengkap di mana ya?

  8. lengkap kap kap…good job gan thx

  9. Permisi mas, klo nameset jersey n nomernya bisa pake cara sablon manual ga?? Yang tidak menggunakan mesin press gtu…

  10. Itu pakai cat apa yah? Campurannya apa?

  11. untuk tinta sablon bahan sticker reflective pake jenis tinta apa ya?

  12. thank’s ilmunya sob……

  13. mohon ijin sedot ilmunya gan
    Makasih banyak ya

  14. malam gan. gan sedikit inpo nya dwonk klo cat sablon yg cocok buat kain bahan catton kombed cat merk apa ya gan. mohon donk pencerahan nya. maklum pemula masih buta bngt

  15. Mas,mau tanya dong kl misalkan mau sablon gliter pk cat raster itu bahan” yg diperlukan apa saja ya??

    • Kalau untuk gliter biasanya diperlukan cairan lem juga di permukaan sablon nya jd biar serbuk gliter nya itu menempel di sablon raster.
      Tapi saya sendiri agak kurang umum kalau raster dipadukan dengan gliter, biasanya itu yang gliter untuk sablon jenis blocking dan rubber..

      Semoga membantu🙂

  16. Hatur nuhun Kang..
    Ane ikut nyatet.. Sangat membantu . .

  17. cakupan mteri habansablon bagus,komplet tuk belaja ilmu bahan sablon untuk pemula, makasih

  18. Berapa rata-rata dari semua jenis tinta yang disebutkan diatas?

  19. mas/mbk mau nanya klo mau beli tinta itu di mna y alamat.nya?

    itu bwt digital/manual?

    sebelum.nya terima kasih info.nya semoga bermanfaat buat saya dan pembaca lain.nya….
    sekalian saya minta ijin untuk share di jejaringan facebook.

  20. mau tannya gan.. gimana caranya kalau kita nyablon manual pake tinta plastisol dan untuk membuatnya mengkilap kaya pelastik pake pelastik apa ya gan… ???
    dan apakah pelastik itu bisa di aplikasikan pada tinta rubber juga ????

    mohon bantuannya gan…

    • Kalau tinta plastisol biasanya udah mengkilap mas.. kalau yg mas maksud berkilau blik2 gitu bisa pakai gliter mas..
      Utk plastik biasanya jenis tinta nya khusus yg pakai bahan tinta minyak gitu biar bisa melekat di plastik.. kalau pakai rubber takutnya ngelotok mas..

  21. mas mohon bantuanya, untuk nyablon di bahan kulit atw oscar yg paling baik pake jenis cat sablon apa atw merk apa ya??? kira2 harga berapaan.. trim’s sebelumnya…

  22. Info nya sangat bermamfaat. Lengkap.. Apa itu udah lengkap smua jenis sablonnya??
    Salam kenal
    http://bengkeloblong.com/blog/konveksi-kaos-murah

  23. Sangat bermamfaat gan

  24. Selamat pagi,

    jika saya ingin mensablon ke kain oscar/kain kulit sintetis/kain beneran,

    bainya menggunakan tnta apa kang?

    Matur nuwun

  25. sore mas, mau tanya .. lebih bagus sablon manual atau DTG ya ..
    buat usaha kaos distro online dengan pcs dan modal yang sedikit
    terima kasih sebelumnya

    • Sore mas.. kalau mas ada banyak waktu bisa main di sablon manual mas yg satuan.. itu nanti hasilnya lebih maksimal dan banyak variasinya dan modal awalnya gak banyak..
      Semoga membantu..

  26. Permisi bang, numpang nanya. Kalo jenis kain kayak kain drill itu bagusnya pake ukuran pori-pori berapaan bang? Terus pake tinta apa?
    Makasih🙂

    • Pagi mas… ini mau di sablon ya mas kain drill nya.. kalau mau tinta sablon nya agak menempel dan gak menyerap baiknya pori-pori yang kecil dan rapat..

      Tapi kalau saran saya drill bagusnya langsung di Bordir mas biar hasilnya mantab..🙂

      Semoga membantu..

  27. asslamualaikum wr.wb
    gan, ada yg mau sya tanyakan.
    sya usaha sablon manual, dan smentara ini menggunakan tinta rubber white & hitam (standar smua, bukan extender/campuran).
    alhamdulilah selama ini ga ada masalah. tapi bberapa hari kemarin, ada komplain sediit dari teman, jadi hasil sablonnya retak2. jadi sya sediikit ragu, apakah proses yg selama ini sya gunakan sudah benar atau belum. ataukah ada kesalahan dari customer.
    jadi yg mau sya tanya, apakah hanya dengan menggunakan tinta standar (putih, untuk kaos cotton combed 20s & 30s) sudah selesai prosesnya? apakah harus ditambah tinta transparan untuk penguat atau tidak perlu.
    tambahan : sya selalu melakukan 3x besut, lalu di panaskan menggunakan strika kurang lebih 2menit. hasilnya memang sperti kurang menyatu dengan kain, padahal menggunakan tinta waterbase. beda sekali hasilnya dengan tinta hitam di kaos terang, hasilnya bisa benar2 menyatu dan lebih memuaskan dibanding tinta putih dikaos gelap.

    mohon masukannya gan. terimakasih sebelumnya.
    wassalamualaikum wr.wb. .

    • Waalaikumsalam..
      Utk proses sablon di kaos hitam atau gelap memang itu agak sedikit sulit jika di bandingkan di kaos warna terang. Jika warna sablon nya ingin lebih keluar pada saat naik gambar di kaos bisa di lapisi dengan dasar tinta putih dlu mas baru ditimpa dengan warna yg mau di hasilkan. Utk hasil yg retak2 itu bisa karena proses saat sablon nya jadi bisa di tambah penguat biar hasil lebih rapat tp bisa juga karena perlakuan terhadap kaos nya pas nyuci di sikat atau menggunakan mesin cuci. Sebenarnya utk sablon manual itu memang harus trial n error. Selalu mencoba utk mendapat hasil maksimal. Saya juga masih proses terus belajar mas. Semoga membantu dan sukses selalu mas. Terima kasih.

  28. Biasanya beli tinta sablon itu dimana ya??????? TOLONG JAWAB PLEASE

    • Sore mas.. Utk tinta sablon kalau di daerah jakarta bisa cari di pusat sablon seperti jembatan lima, jati negara atau daerah tanah abang. Tp kalau online banyak juga kok mas..

  29. Malam mas, misi ya mas mau comot isi artikelnya ya mas🙂 terimakasih ya, sukses terus mas, salam gesut

  30. Pagi gan….
    Salam sukses…
    Saya punya bengkel airbrush motor, pengin airbrush pd media kaos.
    Pertanyaannya :
    1. Apa jenis tinta yg bagus/tepat utk airbrush? (Tinta hrs bisa diencerkan spt air agar penbrush gak macet)
    2. Merk tintanya apa?
    3. Apa kaos hrs di pretreatment dulu atau ada perlakuan khusus lain?
    4. Setelah kaos selesai digambar, apa ada perlakuan lagi agar gambar dan warna awet?
    Thanks before, keep fighting spirit ‘n be successful…

    • Selamat pagi mas…

      Sebelumnya sukses selalu buat usaha mas..

      Jika pada media kaos teknik airbrush saya belum tau pasti detail nya mas..

      tapi kalau mau menggunakan sistem sablon manual bisa menggunakan teknik raster diaman gambar dibuat film dalam bentuk titik titik kecil (dot) lalu proses nya menggunakan warna CMYK untuk menghasilkan warna yang detail..

      Ada juga sistem sablon DTG yang seperti ngeprint di kaos.. jika dengan DTG itu baiknya menggunakan Pretreatment biar warna nya tidak mudah hilang lalu kemudian ketika sudah di print bisa di press pakai mesin press biar tinta nya kering dan menyerap di kain.

      Ada juga sistem trasnfer paper cuman biasanya desain terbatas dan tidak bisa terlalu dinamis seperti hasil air bush.,

      Kalau untuk jenis tinta nya tergantung pola pengerjaan nya mas.. kalau yang dtg biasanya tinta tekstil, kalau transper paper bisa pakai ecosolvent, kalau sablon manual itu lebih banyak variasinya bisa tinta superwhite, rubber, plastisol, dll..
      Semoga membantu mas..

  31. asslamualaikum wr.wb
    sore gan, ada yg mau saya tanyakan.
    saya usaha sablon manual, smentara ini menggunakan rubber white & colour. untuk pencampuran pasta dengan bahan-bahan lain seperti fix, binder, printol serta pigment itu takarannya berapa banding berapa ya?
    saya udah coba beberapa kali tapi ketika kaos di cuci hasil sablonan masih rusak/hancur.

    mohon masukannya gan. terimakasih sebelumnya.
    wassalamualaikum wr.wb.

    • Waalaikumsalam mas..
      Utk pengaplikasikan sablon manual itu memang harus banyak latihan dan mencoba mas sampai dapat komposisi yg pas dengan tinta yg mau di aplikasikan di kaos..
      Kalau tinta mudah rusak mungkin pas naik tinta harus benar benar kering dan di tambah perekat tinta mas biar tinta nya kuat dan kalau perlu di press juga mas.. Tp utk takaran pas nya saya juga gak ada angka pastinya karena tergantung jenis tinta dan bahan nya..
      Semoga membantu

  32. Assalamualaikum
    Izin tanya,minyak apa saja mas yang perlu untuk menyablon?tolong kasih tau namanamanya juga mas
    Dan ,untuk combet 30s dan 20s cocoknya pakai cat/tinta apa ya ?agar cocok dan tahan lama
    Mohon jawabannya mas ,lagi belajar berbisnis
    Terimakasih sebelumnya mas

    • Waalaikumsalam.. maksudnya jenis tinta sablon ya mas.. Itu ada rubber, superwhite, plastisol, glow in the dark dan lain nya mas.. Kalau mas mau praktek bisa coba langsung beli tinta di toko sablon dan langsung di praktekan..

  33. Misi Gan ane penula nihhh.. mau nanya kalau untuk yg jual alat sablon area bekasi tau gak

    Teruss biarr hasil sablon nya gak tembus ke bagian dalam itu gimana ya .. bahan cat ninta nya apa yg cocok.. buat kain zildan sama combet 30s

  34. Mas mau tanya kalo mau nyablon ke bahan karet (wristband) itu pake tinta apa yaa

  35. Maaf mau bertanya admin ?
    Untuk membuat sablon plastisol bahan bahan atau tinta apa saja yg dibutuhkan ?
    Mohon referensinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: