Jenis-Jenis Bahan Pakaian

1. COTTON

Ini jenis bahan yang jadi andalan buat distro-distro. Bahan ini ada 2 jenis besaran yaitu Cotton Combed serta Cotton Carded. Untuk Cotton Combed bahannya lebih halus daripada Cotton Carded yang agak kasar. Memang secara sepintas ketika kita memegang bahan Cotton Carded terasa lebih tebal, tapi Cotton Combed ketika di pakai lebih nyaman dan enteng. Sifat kedua jenis bahan tersebut bisa menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas. Selain itu, untuk membedakan tebal tipisnya kaos dengan bahan ini adalah jenis benang yang dipergunakan. Biasanya kita sering melihat jenis kaos yang 20’s, 30’s atau lainnya. Bahan dengan benang 20’s lebih tebal ketimbang 30’s. Ada lagi bahan yang lebih tebal dari Cotton Combed 20’s yaitu Double Cotton atau biasanya juga di sebut dengan Double Nett. Tentunya bahan lebih nyaman dan jatuh (berat ke bawah) ketika di pakai. Tapi, kekurangan dari bahan Double Cotton ini adalah melar ketika sering dicuci dan dipakai, apalagi jika sering ditarik karena ada udara seperti layaknya spon.

Secara umum, karakteristik dari bahan dasar tanaman kapas ini adalah sebagai berikut :

  • Bahan terasa dingin dan sedikit kaku;
  • Menyerap keringat;
  • Pakaian / kain akan rusak bila direndam lebih dari 2 jam dalam detergen;
  • Rentan terhadap jamur;
  • Jangan biarkan kain katun terlalu lama basah.

Karena sifatnya yang nyaman ketika dipakai, maka terdapat kombinasi campuran yang menggunakan bahan Cotton ini, yaitu:

a. TC (TETERON COTTON)

Jenis ini masih dalam kategori katun namun kualitasnya di bawah Cotton Combed dan Cotton Carded sebab merupakan campuran bahan Cotton dengan bahan Polyester (Teteron). Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan serta lebih kasar. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan kusut dan tidak melar meskipun sudah dicuci berkali-kali.

b. CVC ( COTTON VISCOSE)

Jenis bahan kaos  ini adalah campuran dari Cotton Combed dan Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

2. VISCOSE

Bahan Viscose merupakan bahan yang sering dipergunakan dalam pakaian-pakaian model busana pesta, casual wear, lingerie, underwear, sampai jaket sebab halus dan licin serta lentur. Bahan ini terbuat dari serat kayu (Eucalyptus-sejenis pohon pinus). Ciri2 viscose :

  • Terasa lembut dan dingin di kulit;
  • Bahannya jatuh, tidak kaku dan warnanya mengkilat;
  • Menyerap keringat;
  • Bahan/ pakaian akan rusak apabila direndam dengan diterjen lebih dari 1 jam;
  • Bisa dicuci atau di dry clean.

3. POLYESTER dan PE

Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas dipakainya. Terbuat dari butiran plastik sehingga terasa panas di badan dan tidak menyerap keringat. Karakteristik dari bahan ini yaitu:

  • Noda minyak dan makan sulit dihilangkan dari bahan ini;
  • Polyester lebih kuat dan tahan direndam lebih dari 3 jam;
  • Sering dicampur bahan lain seperti viscose, linen dan katun.

4. LINEN

Seperti katun, namun memiliki serat yang lebih kuat, sangat cocok untuk casual wear dan dresses. Kain cantik ini berkerut tapi jangan sampai kerutannya malahan menganggu penampilan. Kain ini mempunyai karakteristik:

  • Bahannya dingin, menyerap keringat dan sangat nyaman dipakai;
  • Mudah Kusut sehingga cara mencuci dan menyetrika butuh perhatian;
  • Untuk perawatan: pilih deterjen yang lembut dan rendam dalam air bersuhu hangat (lihat petunjuk label pakaian).

5. WOOL

Bahan ini sangat menyerap air akan tetapi berbahan tebal sehingga jika kena noda akan lebih sulit dibersihkan dan akan menyusut jika cara mencuci dan mengeringkannya tidak benar. Ada juga jenis Lightweight Wool. Untuk Lightweight Wool, sesuai dengan namanya, kain wol ini tergolong ringan dan bisa dipadukan dengan apa saja. Jatuhnya di badan pun enak dilihat. Kelebihannya, kain ini agak ‘bandel’ alias tahan banting (awet).

6. SUTERA/SILK

Bahan ini menyerap air dan mudah sobek. Pencucian dengan menggunakan enzym dan pemutih dapat menyebabkan kerusakan pada jenis pakaian ini sehingga cara pencucian yang baik dilakukan adalah dengan sistem dry clean. Untuk penggunaan mesin cuci biasanya ada pilihan program: Normal, Delicate, Jeans, Wool, dsb.

7. CASHMERE

Bahan ini tergolong mewah, dengan kualitas prima. Jangan heran bila embel-embel price tagnya pun tergolong menguras kantung. Dipadukan dengan rok yang elegan ataupun dengan jeans saja, cashmere tetap terlihat mewah dan mahal. Semakin sering dicuci, bahan ini akan semakin halus. Tapi perhatikan dulu, tidak sembarang cuci, karena mencucinya pun dilakukan dengan shampoo.

8. SHEER

Biasa digunakan untuk tampilan elegan dan anggun. Pilih yang transparan dilengkapi dengan dalaman maka akan terlihat simple yet sexy.

9. JERSEY

Untuk bahan satu ini, agar jatuhnya enak dan terlihat oke melekat di lekuk tubuh, pilih yang bahannya agak berat. Satu ukuran lebih besar akan menghindari kesan pakaian melekat ketat yang tidak enak dilihat. Bahan ini biasanya dipakai pada seragam bola.

10. DENIM

Tidak ada yang tidak mengenal dan sayang pada jenis bahan satu ini. Denim alias bahan jeans, dicintai semua kalangan. Semakin gelap warnanya, semakin mudah mencari padanannya. Selain itu juga denim yang berwarna gelap akan terlihat lebih rapi dan formal daripada yang terang dan belel.

11. LYCRA

Lycra atau disebut juga bahan spandex biasanya dipadukan dengan bahan pakaian lainya, karena kandungannya hanya beberapa persen saja. Tapi bahan pakaian yang terbuat dari unsure lycra akan lebih tahan lama kerapiannya. Sifatnya yang mengikuti bentuk tubuh (elastis) dan nyaman tidak terlalu tebal sering dipakai pula untuk pakaian senam.

12. LEATHER & SUEDE (BAHAN KULIT)

Pasti keduanya sudah sangat familiar di telinga, bukan tidak mungkin, mulai dari dari celana, tas sampai sepatu pun terbuat dari bahan tersebut. Dua-duanya sebenarnya sama-sama terbuat dari kulit. Hanya saja, leather dibuat dari kulit luar, sementara suede dibuat dari bagian kulit dalam. Cari yang halus dan tidak kaku. Untuk dua bahan ini, diperlukan teknik perawatan khusus untuk membersihkannya. Untuk leather, pilih yang tidak mengkilap untuk kesan mahal dan elegan. Mengkilap malahan berkesan murahan.

Untuk bahan kulit ini biasanya dibedakan berdasarkan bagian tubuh dari hewan tersebut, yaitu bagian pungung, leher, bahu, perut bawah dan paha. Bagian tubuh yang paling mahal adalah bagian punggung karena memiliki kualitas kulit tebal dan halus yang baik dibandingkan bagian tubuh lainnya yang tipis dan melar.

Jika anda sedang memilih jaket kulit, pastikan bahwa semua bagian dari jaket tersebut menggunakan bagian punggung binatang agar mendapatkan kualitas kulit yang maksimal karena ada pula jaket kulit yang pada bagian tubuh menggunakan kulit yang baik tapi pada bagian lengan jaket menggunakan kualitas kulit yang berbeda. Jadi, pintar-pintar lah memilih jaket kulit, khususnya untuk jaket kulit asli (bukan sintesis) karena harga nya cukup mahal dan sayang jika anda mengeluarkan uang banyak dan mendapatkan jaket yang tidak maksimal.

13. DRILL

Bahan jenis drill diantaranya kain drill merk taipan drill dan taipan tropical untuk produk jepang yang kualitasnya baik dan tebal. Adapula merk American Drill seperti Verlando dan Venosa yang harga nya lebih murah ketimbang Japan Drill. Bahan ini nyaman sekali dipakai untuk seragam, koleksi warna pun terbilang paling lengkap dibanding bahan merk lain. Bentuk tekstrur dari bahan ini adalah terlihat garis benang bahan ini yang jelas.

14. LACOSTE

Bahan ini memiliki teksture pola bolong-bolong kecil yang biasa dipakai untuk pakaian Polo berkerah. Sebenarnya Lacoste adalah nama perusahaan asal prancis yang memproduksi pakaian dengn tekstur bolong-bolong tadi, namun seiring penggunaannya, masyarakat menjadikannya sebagai nama bahan jenis pakaian ini untuk membuat baju Polo atau bahasa lokalnya Wangki.

Untuk bahannya ada yang bentuk nya PE (terdapat kandungan Polyester/plastik) tipis dan kurang menyerap keringat serta bahan Pique yang terdapat kandungan katunnya, tebal dan menyerap keringat.

15. BAHAN SERAGAM OLAHRAGA

Jika anda ingin membuat seragam bola, ada beberapa pilihan bahan yang dipergunakan yaitu:

a. LOTTO
Bahan ini digunakan sebagai bahan kaos olahragat.Tekstur bahan ini tdk mengkilat,  lembut apabila dipegang dan elastis. Bahan ini memiliki tingkat ketebalan sama halnya seperti bahan cotton. Bahan ini sering dipakai sebagai bahan pembuatan kaos olahraga team sepak bola.

b. PARAGON
Karakteristik Paragon adalah sukar menyerap keringat. Memiliki tekstur kain yang sedikit terlihat pengkilat dan fleksibel apabila di pakai, karena memang bahan ini biasa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kaos- kaos olahraga. Paragon biasa digunakan pada team basket.

c.WAFER

Bentuk bahan ini biasanya ada pola seperti wajik sehingga disebut wafer seperti motif pada makanan wafer yang berbentuk wajik. Sifat bahan ini ringan dan menyerap keringat meskipun tidak sebagus bahan kaos cotton. Bahan ini umum dipergunakan pada pakaian seragam bola atau futsal.

d. ADIDAS

Sifat bahannya tidak berbeda jauh seperti bahan wafer, hanya beda di motif saja dan umum pula dipergunakan pada seragam olahraga seperti pada produk-produk Adidas sehingga disebut bahan adidas.

e. HYGET
Bahan ini terbuat dari plastik,namun lbh tipis. Banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai krn harganya yg sangat murah. Namu adapula yang jenis Super Hyget yang kualitas nya lebih baik dan biasa dipergunakan juga pada pakaian seragam bola.

16. BAHAN JILBAB/KERUDUNG

        a. SIFON
Jenis kain kerudung ini terbuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintetis.  Jenis kain kerudung ini memiliki sifat tipis, licin dan panas ketika digunakan untuk bahan kerudung jika tidak ada kombinasi lain dalam desain kerudung itu sendiri, biasanya kain jenis ini dalam pemakaian nya di ikuti oleh ciput dari bahan kaos. Meskipun demikian bahan kain kerudung ini cukup banyak di gemari oleh kaum hawa karena sifatnya yang ringan dan nge-flow. Kain sifon juga mempunyai banyak jenis diantaranya sifon polos ( yang biasanya terbuat dari bahan polyster /minyak bumi ) dan jenis sifon cerutti ( dari bahan sutra ). Bahan kain kerudung ini selain di gunakan untuk bahan kerudung, kain ini juga di gunakan untuk bahan dasar membuat pakaian wanita. Bahan ini paling sering dipergunakan untuk membuat kerudung.

b. HYCON

Kalo sekilas di lihat  kain kerudung ini tak tak terlihat berbeda dengan jenis kain kerudung sifon, kain kerudung sifon lebih licin dari kain kerudung hycon, akan tetapi jenis kain kerudung ini memiliki sifat lebih lembut di bandingkan dengan jenis sifon, biasanya dalam pemakainya kerudung ini di tambahkan ciput sebelum di lapisi kerudung hycon.

c. VOILE

Jenis kain kerudung ini memiliki sifat hamper sama dengan bahan kerudung hycon, yaitu sama – sama memiliki sifat halus dan lembut, kain kerudung ini sangat cocok di gunakan waktu siang hari dan penggunaan nya pun harus menggunakan inner, meskipun demikian jenis kain kerudung ini memiliki sifat tidak lentur. Kain kerudung jenis ini terbuat dari bahan kapas tapi ada juga yang menggunakan bahsn dasar rayon, sutra maupun polyester

d. SUTRA

Seperti yang telah disebutkan di atas, kain kerudung ini memiliki sifat tipis dan lembut sehingga kain kerudung jenis ini tergolong cukup mahal di bandingkan dengan kain kerudung jenis lain.

e. SPANDEX

Seperti yang telah disebutkan di atas, kain ini juga cukup mudah dalam proses pencuciannya, jenis kain kerudung ini banyak jenisnya dan yang paling menarik dari jenis kain ini adanya efek mengkilap, meskipun tidak semua jenis kain kerudung spandek memiliki efek mengkilap.

f. CERUTY

Jenis kain ini memiliki tekstur yang elastis, karena dalam bahan dasarnya kain ini mengandung bahan sutra yang lembut, sehingga kain kerudung jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan, tekstrur kain kerudung ini seperti kulit jeruk.

17. DIADORA

Bahan ini umum dipergunakan pada jaket atau celana training olah raga dan sporty. Sifat bahan ini mengkilap ketika terkena sinar matahari sehingga menimbulkan kesan mewah meskipun harga nya tidak terlalu mahal. Bahan ini ketika di cuci tidak melar namun kalau menggunakan mesin cuci atau disikat dapat merusak serat kain nya seperti bahan umum lainnya.

18. CANVAS

Bahan ini memiliki tekstur tebal dan berat. Biasanya dipergunakan untuk jaket lapangan pada pertambangan atau mendaki gunung karena dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya. Ketika dipakai biasanya agak gerah karena tebal.

 

Nb: Semua artikel yang ada berdasarkan teori yang kami dapatkan dari internet maupun sumber lainnya. Untuk hasil yang sebenarnya terjadi dilapangan harap bisa lebih dipahami dan disikapi dengan lebih bijak.

Untuk pemesanan pakaian yang anda inginkan bisa lihat pada Menu Produk Kami atau sms di 0856 9427 1635 atau BB di 272A4FEB

Silahkan anda bagikan info ini asalkan meminta ijin terlebih dahulu melalui kolom komentar.

Mari kita mulai hargai karya kreatif orang lain dari sekarang..

361 Tanggapan

  1. hai salam kenal yah..
    dari kemaren aku mencari artikel mengenai jenis2 bahan kain dan aku liat artikel kamu lengkap. Aku lagi belajar banyak mengenai kain karna pengen banget ada di industri fashion.
    aku mau masukin artikel kamu di blog aku.. boleh ga? ilmu baru buat aku.. :)

    • Salam kenal juga mbak anita.. silahkan kalo mbak mau masukin artikel ini di blog mbak.. semoga membantu… :-)

      • permisi saya juga saya dengan mbak anita saya cuma ambil artikel ini buat referensi belajar dan sharing ke temen
        kok, ga direpost kok hehehe

      • Iya mbak, silahkan mbak, semoga berguna.. Jangan lupa sertakan alamat link website ini biar banyak yang pada main di sini :)

        Terima kasih mbak :)

    • thanks buat infonya, mau tanya bahan buat kerudung itu bagusnya yg jenis apa aja?
      terus kalau bahan sifon itu jenisnya ada berapa sih, yang bagus buat kerudung yg jenis sifon apa?

  2. SANGAT MEMBANTU SAYA UNTUK BAHAN KERJAAN SAYA…
    TENGKYU….

  3. Makasih infonya. Boleh ijin ya infonya di share di agungngurah.com. Thks b4

  4. Thks artikelnya,, sangat lengkap.

    Salam

  5. salam, minta ijin untuk mencopy artikel anda untuk kepentingan riset saya. :)

    saya sangat berterima kasih atas infonya yang sudah anda berikan.

  6. kalo LJ yarsi itu bahan spt apa ya ? terima kasih

    • Bahan LJ Yarsi itu bahan-bahan yang biasanua untuk produk-produk kerudung yang bergo (yang instant tinggal pakai). Bahannya halus dan adem bu…

  7. Mbak, kalo untuk wilayah surabaya dan sekitarnya, cari kain blacu dimana ya. Kebetulan istri lagi buka usaha kerajinan kain. trims infonya

    • Mohon maaf.. untuk wilayah surabaya kami tidak tahu persisnya… kalau pun anda mau kami bisa mengantarkan kain yang bapak cari tapi barang kami kirim dari Jakarta…

  8. Mohon informasinya Grosir yang menjual Bahan Taipan Drill

    • Selamat Siang.. untuk membeli bahan kain yang grosiran ada 3 pilihan tempat yaitu pasat maestik, pasar tanah abang dan pasar cipadu. Untuk pasar cipadu biasanya harga lebih murah namun barangnya biasanya sedikit variasinya. Kalau anda mau yang lengkap anda bisa ke pasar tanah abang yang lama.
      Terima kasih…

  9. Mba apa kain jersey dan yarsi itu sama?…..dari kualitas dan harga spandek dan jersey mahal dan lebih bagus mana ya?terimakasih…….

    • Untuk bahan jersey itu seperti bahan-bahan yang dipergunakan oleh produk adidas.. biasanya agak tebal sedangkan bahan yarsi biasanya di pergunakan pada produk-produk jilbab tapi bahan yarsi lebih tebal dari bahan spandek (lebih lentur dan halus). Untuk harga antara spandek dan jersey biasanya bervariasi. Biasanya lebih mahal harga yang jersey sebab bahannya lebih tebal… sedangkan untuk kualitas kalau jersey lebih tebal dari yarsi tapi agak gerah… Mungkin info ini bisa sedikit membantu.. Terima kasih…

  10. mba, kalo bahan latex tu gimana y, panas ga…

    • Selamat pagi.

      Bahan latek itu bahan yang terbuat dari serat karet, biasanya sering dipergunakan untuk bahan kasur atau topeng. Karena terbuat dari bahan karet maka bahan ini bersifat lentur dan agak panas kalo dipergunakan untuk baju.. hampir sama dengan bahan kulit karena pori-porinya kecil sehingga sirkulasi udaranya kurang.

      Semoga membantu, terima kasih..

      Salam Kreatif

  11. kalau saya ingin membuat poloshirt seperti fred pery dsb, itu bahannya dari apa ya?nama bahannya apa ya?ingin sekali terjun ke industri ini tapi saya masih perlu belajar,

    • Jika mengenai bahan kain Polo secara umum yang banyak ada di pasaran sebagai berikut (mulai dari yang kualitas standar sampai yang tinggi):

      1. PE, bahannya biasanya agak kasar
      2. Cotton, bahan halus dan lembut ketika di pakai.
      3. CVC, bahan di atas cotton dengan karakteristik lebih lembut tapi tidak berbeda jauh dengan cotton sebab masih terdapat kandungan cotton di kain tersebut
      4. Pique, bahan ini bahan yang paling bagus untuk kalangan kain Polo (Lacoste). Ada juga yang menyebutnya strech serta ada pula yang jenis nya spandex (bahan bisa melar sehingga dapat menyesuaikan ukuran tubuh).

      Sebenarnya Polo atau Lacoste awal mulanya adalah sebuah nama merk pakaian terkenal di wilayah amerika dan eropa dimana bentuk kainnya yang unik yaitu ada motif bolong seperti sarang lebah, berbeda dengan kain kaos biasa nya polos dan halus ketika diraba. Karena pada saat awal mulanya yang memperkenalkan kain dengan motif bolong-bolong tersebut adalah merk Lacoste maka sekarang orang sering menyebutnya dengan kain lacoste atau Polo.

      Jika memang bapak ingin menanyakan lebih jauh lagi tentang kain mungkin bisa berdiskusi dengan kami sebagai sarana saling tukar ilmu karena kami pun masih belum terus belajar mengenai bahan-bahan kain. Terkadang beda wilayah beda lagi penyebutkan jenis kain meskipun itu sebenarnya kain yang sama.

      Terima kasih, semoga sukses untuk usaha bapak. Jika bapak ada order yang bisa kami bantu untuk mengerjakan, bisa menghubungi kami di 085694271635.

  12. ijin copas ya, soalnya sangat membantu dalam pemilihan pakaian dgn jenis bahan yang nyaman, tapi kok gak ada jenis bahan kelly ya?

    • Selamat siang bu.

      Silahkan di Copy.. Semoga Membantu.. Untuk jenis bahan Kelly itu sepertinya nama merk bu yang dijadikan orang-orang untuk nama bahan.. sama seperti bahan lacoste yang awalnya adalah nama merk pakaian..

  13. Hallo,,mba.. salam kenal..=)
    mba, saya mau tanya kalo untuk orang2 gemuk, biasanya pakai bahan seperti apa ya?dan belinya dimana ya mba?
    soalnya, aku lagi tertarik tuk usaha di industri fashion khusus org berbdn bigsize…
    mohon infonya y mba..=)
    trimakasih…

    • Selamat Sore mbak..

      Untuk bahan orang yang berbadan besar sebaiknya bahan nya yang lemas dan tidak tebal biar enak pas dipakai di badan nya. Kalo untuk jenis bahan kaos mungkin bisa coba yang cotton combed dengan gramasi yang rendah (30’s). Bahannya nyerap keringat dan tidak terlalu tebal. Atau bisa juga dengan kain-kain seperti kaos-kaos pantai..
      Kalau untuk pakaian formal tergantung dari minat pembelinya mbak. Tapi ya kalo bisa dihindari yang bahan tebal dan kaku..

      semoga membantu..
      Sukses ya mbak buat usahanya..

      Terima kasih.

  14. Aminn..trimakasih infonya,,
    oia, tp klo untuk kemeja/pakaian formal biasanya selain cotton,apa lg ya bahannya??
    oia, tempat kain/bahan paling lengkap dan hrgnya terjangkau di daerah Jakarta selain di tanah abng.dimana lagi ya?
    Trimakasih…=)

  15. wow…lengkap bged…..izin copas yah mb,,,,mpe skrang masi bingung sie klo gak liat contoh bahan2nya…krna byak yg mirip..klo yg bahan kaos korea yg licin,tebal nadem ituh namanya apa ya mb?mw nyari baju bahan gtuh gak tw namanya….hiihihi.. :p

    • silahkan.. untuk bahan kaos biasanya sih yang cotton. Mungkin yang mbak maksud itu yang jenis spandex nya. :)
      maaf kalo salah :)

  16. Izin Copas yah mbak untu tambahan article mading di tempat saya dan semoga bermanfaat

  17. Minta ijin copas ya mba….. :) Terima kasih banyak ya…..

  18. ijin copas ya infonya.. artikel yg sangat bagus :)

  19. makasih infonya sangat membuka wawasan
    ijin copy :) makasih ya

  20. ijin copas dong ^^..bagus banget artikelnya…buat nambah ilmu “per-kainan”..hehehe…

  21. Kalo celana seragam polres/polantas/polsek itu, trmsuk bahan ap yg mereka gunakan ????

    • Utk seragam itu umum nya drill mas, tapi jenis nya berbeda-beda. Ada yang jenis verlando yang standar atau jenis venosa yang merk di amerika. Atau Taipan yang merk di jepang..

  22. ijin copas gan..

  23. kalo bahan yang biasa digunakan untuk baju-baju hijabers itu namanya bahan apa mbak? kira-kira harga per meternya berapa ya mbak?

    • kalau bahan hijabers itu biasa nya cotton atau spandex yang bahannya lentur. Kalau belinya biasanya ukurannya kilo an mbak. untuk harga bervariasi tergantung kualitasnya juga..

  24. ijin copas yaa mbaknya atau masnya ^^

  25. Hai mas.., saya yang dulu pesan kaos ‘Pengangguran Elite’ , masih ingat ga ya? :)
    Artikelnya bagus sekali, ijin copas boleh mas?
    Terima kasih sebelumnya.
    Salam kreatif

    • sore mbak :) masih ingat kok mbak, yang pesan tulisan “pengangguran elite” kan mbak :) silahkan di copy mbak semoga membantu. Tetap kreatif dan sukses selalu ya mbak :)

  26. Artikelnya bagus, saya izin copas ya. Sangat membantu :)
    Terima kasih sebelumnya.

  27. kalau kain untuk celana kerja yang bagus apa namanya ya?yang adem, g panas gitu? makasih

  28. untuk bahan baju dan celana lgn pendek ukurannya berapa..?

    • selamat sore :)

      Untuk ukuran bahan itu biasanya ada yang hitungannya meteran, kiloan atau roll besar. Tergantung dari satuan yang dipergunakan penjualnya. Biasanya untuk bahan kaos seperti cotton hitungan nya kiloan, jika mau order banyak bisa dalam roll besar. Kalau untuk bahan tertentu lainnya ada pula yang dijual dalam meteran.

      Semoga membantu.

      Terima kasih dan sukses selalu

  29. pagi gan..

    makasih banyak atas infonya, sangat menambah pengetahuan. boleh ijin share gan? :)

    • Pagi gan :) silahkan gan di sedot.. Semoga membantu.. :shakehand

      • Klo bahan poly wedges sm twistcone itu seperti apa yah? Trm ksh :D

      • untuk bahan yang biasanya disebut poly adalah bahan yang mengandung unsur serat plastik. kalau untuk bahan tuise sepengetahuan saya itu bahan yang berbahan untuk bahan jas-jas semi formal. Namun bisa mencari di literatur lainnya yang mungkin bisa lebih jelas :)

        semoga info nya bisa membantun. Sukses selalu…

  30. makasih untuk informasinya,tapi bahan yang terbaik,kalau dipakai adem itu apa???

    • sama-sama. Semoga membantu :)

      Utk bahan yang adem umum nya yang mengantung cotton sebab cotton itu sifatnya menyerap keringat. Dan juga hidari warna bahan yang berwarna gelap sebab warna gerap biasanya menyerap cahaya jadi terkesan panas. Maka umumnya pergunakan warna bahan yang berwarna cerah jika ingin lebih adem.

  31. Assalamualaikum, maaf bisa dibantu ga?saya ingin tahu lenih lanjut tentang jenis jenis jeans, apakah bisa ?terimakasih

  32. dan juga kalo bisa dikirim via e-mail..

  33. asslm..
    Admin, tlg tambahin info bahan2x yg ada dunkz.. Kyak double hycon, kelly, ceruti dll.. Cz bnyak bahan2 skrg yg bkin bngung nih..
    Trims b4

  34. bahan kain wedges kayak gimana yaa ?
    enak ga dipake ?

    • selamat siang :)

      Kalau sepengetahuan saya bahan wedges itu sifatnya lentur seperti bahanpoly namun sulit menyerap keringat, tidak seperti kain katun yang sifat nya menyerap keringat.

      Semoga membantu :)

  35. saya dewi, mau copas bbrp (ga smua sih) artikelnya ya, terimakasih smoga tokonya sukses selalu^^

  36. ijin share ya

  37. thank infonya

  38. gan, ak ijin copy buat blog aku yah di blogdetik.com thx sebelumnya

  39. kalo kain yg full payet yg dijahit itu apa namanya. dia mengkilat gitu kalau kena lampu, atau kain yg mengkilat tapi lentur itu apa namanya mba. trims.

  40. selamat siang …
    bisa minta tlong jelasin ga penjelasan bahan wedges buat bahan baju atau celana,
    makasi ..

    • selamat pagi :) untuk bahan wedges itu umumnya dipergunakan di bahan-bahan untuk pakaian wanita. Itu bahannya lentur dan mengikuti body si pemakainya kalau ukurannya pas.
      Itu hampir mirip dengan bahan poliester.
      Semoga membantu. :)

  41. Kang ijin Copy yah…. buat tugas nih hehehe…
    tp kok fleece ga ada yah

    makasih bnyk kang, sangat membantu ini

    • Selamat pagi :)

      kalau untuk bahan flencee itu biasanya untuk model jaket-jaket hoodie yang sweater gitu mas :)

      • slamat pagi jg :D

        oh, gitu…
        tp fleece itu dibedain jd 2 jenis yah? babyterry sma cotton fleece.

        nah biasa nya klo yg dipake blazer ato coat korea itu pake nya apa yah kang?

        makasih dah mw jawab :)

      • untuk model sweater itu memang umum nya menggunakan bahan babyterry dan cotton fleece. Beda nya jika babyterry itu bahan nya lebih tebal dan berat serta agak gerah. Jika dengan cotton fleence itu lebih ringan dan lentur. Tapi sama-sama bagus kalau dipergunakan dalam model sweater :)

  42. mbak/mas,,, aq izin copas ya,,, artikelnya brmanfaat sekali…

  43. ijin share di twitter saya yaaa…manfaat bgt nih buat yg pengen buka usaha dibidang pakaian..thanks buat artikelnya

  44. saya ingin tanya, kalau bahan yang nama nya us venture termasuk bagian mana yah,trus harga/yard dipasaran berapa y mas ?? Thanks

    • kalau bahan us venture itu maksudnya bahan drill ya mas.. untuk harga pastinya bahan drill itu saat ini sedang naik mas.. :) kisarannya mungkin sekitar 100 ribuan ke atas

  45. Kka gimana sih caranya blazer jeans bahan karet yg waktu ke cuci mengecil trus bisa jadi longgar lagi ..?

    • kalau bahan karet itu agak sensitif mas :) kalau mengecil di buat longgar agak sulit.. kalau karet biar ngembang itu biasanya di rendam minyak, tapi kalau pakaian kayaknya terlalu beresiko mas :)

  46. Pagi mba.. Maaf mau tanya,. Kalo bahan rose skin tuh kaya apa ya? Trimakasih…

  47. Ada Jual bahan latex spandex untuk celana gak?yangg bahannya melar tapi mengkilap seperti kult

  48. Terima kasih share artikelnya mas, izin ambil beberapa bagian untuk di modif ya, :D

  49. ijin copas gan ya.. ini artikel yang aku cari

  50. Assalamu’alaikum. Mbak nanya dong,apa y bahan yg bgs utk wanita berhijab yang tahan lama dan g prlu di setrika?

    • waalaikumsalam… :)

      untuk bahan pakaian wanita itu tergantung selera mbak :) kalau yang gak perlu di seterika dan tidak mudah lecek itu biasanya bahan yang halus dan tipis seperti bahan untuk keruduk seperti higet dll..

      semoga membantu :) terima kasih

  51. izin copas, thx bgt sangat membantu

  52. Kalo mau beli bisa ga?
    Gmna cra’ya?

  53. Mw tanya kain drill taipan cocok tidak untuk jadi bhan jaket? Lalu bhan apa yg cocok untk jaket?
    Mohon bantuannya krna saya lgi nyari bhan buat jaket,
    Trims

    • selamat siang. :)
      Untuk model jaketnya ingin yang seperti apa? apakah jaket sporty, jaket motor atau jaket lainnya.
      Kalau untuk bahan drill taipan itu bisa diaplikasikan di jaket almamater yang biasa dipergunakan di kampus-kampus..
      Kalau mas ingin membuat jaket bisa menghubungi saya via sms di 085694271635 untuk info lebih lanjut.

      Terima kasih, semoga dapat membantu. Salam kreatif dan sukses selalu :)

  54. Pagi ,
    Mau tanya bahan dril itu biasanya dipakai buat seragam, blazer krja dan yang lainnya?
    Macam-macam drill terbagi oleh bbrp bnyk ya?
    Trims

    • Selamat sore :)

      Untuk drill itu bisa di buat jaket almamater, kemeja kantor (khususnya yang dipergunakan di lapangan atau di pabrik), celana, pakaian seragam pabrik dan satpam. Blazer kantor juga bisa mbak.

      Untuk drill sendiri itu tergantung merk mbak, untuk yang bahan dari eropa itu biasanya drill verlando dan venosa. Ada lagi yang dari jepang, bahannya lebih halus dan enak pas dipakai, itu drill taipan namanya.

      Perbedaan nya ada di tebal tipis kainnya mbak, tapi untuk modelnya kain drill umumnya sama.

      Info jelas bisa sms di 0856 9427 1635.

      Semoga membantu, terima kasih :)

  55. artikelnya lengkap dan informatif sekali Pak, mohon ijin untuk saya jadikan referensi bagi artikel sejenis di web saya – http://www.anedeline.com. Terimakasih

  56. agan q minta artikelnya ya,,,, buat ngisi di blogku,
    thanks ghan bwt artikelnya,..!!!

  57. bagus mana ya Spandek rayon sama spandex viscose yang tingkat menciutnya lebih dikit

  58. sorry copas,soalnya ada tugas bahasa indonesia disekolah,thx.

    • he..he.. tugas bahasa indonesia tentang bahan-bahan kain ya?
      jangan lupa nama website saya ini dicantumkan di daftar pustaka nya ya mas :)

      Sukses selalu..

  59. Sore gan, izin share di facebook ane ya

  60. Terimakasih atas informasinya…
    Ini sangat membantu untuk pengawalan Bisnis yg saya akan rintis…

  61. ini artikel yang baik, ijin covas n share ya bu
    makasih

  62. Ijin untuk save artikelnya yah☺nice article, berguna bgt…
    Kalo ada waktu, please mampir ke website saya yah☺☺☺
    Jual sepatu handmade, dress handmade n t-shirt handmade, cupcakes, dll.
    Ada paket WO n EO anak2 juga☺☺☺
    Thank you☺

    • Silahkan mbak.. semoga membantu, jangan lupa sertakan alamat website ini ya biar tambah ramai :) saya main ke website nya juga ya mbak.
      Mungkin di lain waktu kita bisa kerja sama.
      Terima kasih, sukses selalu :)

  63. oya, website nya alamatnya di http://www.yummydreamy.com thx☺

  64. sama gak yah kaos korea dan jersey (bkn yg original)??
    kaos korea itu apa? thx :)

    • kalau jersey itu biasanya tipis dan gak berat mbak, cuman agak kurang menyerap keringat, sedangkan untuk kaos biasanya itu menyerap keringat.
      Semoga membantu mbak :)

      Sukses selalu

      • kalo kaos korea bisa melar ga sih serelah dicuci?? saya bingung cari bahan untuk daleman jilbab (ninja maroko),,cari bahan yang awet dan ga gampang melar setelah dicuci.mohon masukannya :) thx

      • Selamat siang :)

        Kalau untuk kaos korea itu bahannya apa ya mbak? kalau jenis cotton biasanya gak terlalu melar tapi ketika sudah di cuci berulang kali apalagi direndam terlalu lama atau menggunakan mesin cuci, bisa melar juga.
        Kalau untuk dalaman jilbab, bahan nya bisa menggunakan bahan yang tipis, tidak terlalu tebal agar tidak gerah.
        Bisa menggunakan bahan lycra atau spandek atau bahan tipis lainnya.

        Terima kasih… Semoga membantu :)

  65. sori anak baru mo nanya, klo bahan denim jeans yg melar, kaya katun twill, itu ada ga sih?? klo ada, mahal ya??

    • Malam mbak :)

      Kalau untuk bahan denim itu umumnya berat dan kaku, seperti bahan jeans di celana dan jaket. Kalau untuk katun itu baru bisa melar, namun ada juga yang sifat nya mngkerut/mengecil ketika di cuci beberapa kali tapi perbedaannya tidak terlalu besar.

      Semoga membantu :)

  66. hai…makasih ya infonya.. jadi tw deh gimana bhan2 tsb g cm beli aj..tp jd tw dan paham ttg bhan apa yg nyaman buat aq pke ssuai kbutuhan..thanx ya..ijin share bolehkah?? ^v^

  67. thanks banget gan,artikel nya sangat bermanfaat

  68. siang, maw tanya klo bahan yg bagus untuk dres apa ya? bahannya yg jatoh gitu apa sih namanya/ makasih

    • Siang :)

      Kalau untuk bahan yang jatoh itu bisa pakai bahan tuise atau jetblack. Kedua bahan itu kalau dpakai akan terlihat jatuh dan mewah.

      Semoga membantu :)

  69. mbak kalo boleh tanya, mana bagusan kain cotton apa jersey ?

    • Tergantung mbak mau buat apa.. Jika untuk jersey itu bahannya ringan, maka nya biasanya di pakai untuk seragam olahraga atau pakaian santai tipis lainnya. Kalau untuk cotton bahannya sifatnya menyerap keringat tapi juga lebih berat dari bahan jersey. Kalau untuk jersey ada tipe nya yang wafer, adidas kalau cotton itu ada yang combed, cardet atau pe.

      Semoga membantu :)

  70. mohon copas ÿ min

  71. Klo yg di pake untuk clana senam ato olah raga buat ibu2 yg ngaret itu kainny jenis apa ya??

    • selamat pagi bu..

      Untuk pakaian senam sifat bahannya itu mengikuti bentuk tubuh dan ringan. Ibu bisa menggunakan bahan spandex atau lycra.

      Semoga membantu :)

  72. bahan wedges n twiscone ciri-cirinya gimana mba?
    oya tau tempat jual bahan spandek yang murah engga?yg kira” sekilonya ga lebih dari 65rb soalnya butuh bnyak mba

    • itu ciri-cirinya seperti bahan polyester yang melar dan mengikuti pola badan ketika dipergunakan.
      Untuk tempat bahan spandek yang agak miring bisa cari di tanah abang auri, disana tempat mainnya para pengusaha konveksi. barang dijual secara rool besar dan grosiran. kalau beli eceran baiknya beli di pasar tanah abang yang lama di samping tempat tanah abang metro (bangunan baru yang warna hijau itu).
      Atau bisa juga cari di daerah pasar cipadu cuman harus pintar dan teliti dalam memilih bahannya.

      Semoga membantu :)

      • Mbak, kalo bahan untuk kerudung yg tidak licin, adem dan tidak transparan namanya apa ya? Harganya berapa kira-kira mbak? Thanks.
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • Siang mbak.

        Untuk bahan kerudung bisa di coba yang ada unsur cotton nya mbak.
        Kalau bahan spandex atau jersey itu biasanya agak licin. Untuk harga juga bervariasi. Bisa di coba hunting harga di Tanah Abang atau cipadu

        Terima kasih, Semoga membantu :)

  73. bagus n lengkap ni, ijin copas ya boleh g?

  74. Ohya mba. Pernah denger bahan samwaist ngga? Itu gmn yah?

  75. bagus banget artikelnya :)
    skalian mau tanya kalo jilbab/mukena bahan jelly itu yg sifat dan ciri2nya sperti apa ya? kemarin liat2 di web orang, jadi penasaran sekarang :D thx sebelumnya

  76. nice post. penting nih untuk yang baru (mulai) belajar usaha jahit menjahit… :)

  77. Hai, artikelnya sangat membantu, terima kasih ya.

  78. sangat bermanfaat buat saya yang masih minim pengetahuan tentang jenis-jenis kain..
    ijin copi gan buat baca-baca offline.
    terima kasih.

  79. kalau untuk baju kerja model celana dan kemeja gitu, bahannya yang enak apa ya?dimana saya bisa beli dan jahit sekalian.mohon infonya..terima kasih.,,

  80. halo mbak, klo bahan chiffon yang bagus dari material apa ya? klo bahannya dari polyester fiber bagus gak untuk atasan?

    • Halo juga sist :)

      Kalau untuk bahan shiffon polyester itu ringan, tapi mungkin agak kurang menyerap keringat tapi karena bahannya tidak terlalu tebal mungkin cocok juga untuk atasan.

      Semoga membantu sista :)

  81. siip , makasih ya skrang udah tau jenis2nya,,
    tengkyu

  82. Hai, salam Kenal..

    Ijin Copy yaa.. lagi mo belajar buka lapak pakaian..

    Terima Kasih,

    • Salam kenal juga :)

      Silahkan kalau mau copy, jangan lupa sertakan link nya ya biar tambah ramai yang main ke website ini.

      Terima kasih, sukses selalu untuk lapak nya. Kalau mau sharing bisa sms di 0856 9427 1635.

  83. Thanks buat jocsoedistro buat artikelnya, oh iya lebaran tutup ngga gan?

  84. assalamu’alaikum mbak. mbak kalau gamis yang dr bahan jersey itu dipakainya enak ndag. terus bahannya itu adem atau gimana. dan yang paling penting. itu bahannya menyerap keringat ndag ?

    • Waalaikumsalam..

      Kalau untuk bahan jersey yang diperuntukan pada baju gamis itu model nya adem dan ringan. Bahannya menyerap keringat kok jadi bisa dipakai untuk siang hari juga.

      Semoga membantu :)

      Terima kasih

  85. Bahan utk jas/blaser cowok pke bahan kain apa ya gan?

  86. selamat siang,
    Saya mau bertanya, kalau di toko-toko baju online sering ada keterangan bahan yang dipakai adalah bahan kaos korea.
    Bahan kaos korea itu seperti apa ya? Apakah menyerap keringat di siang hari?
    Terima kasih atas jawabannya.

    • Selamat siang.

      Untuk kaos korea itu biasanya bahan spandex korea, kainnya tipis dan lembut serta menyerap keringat karena ada bahan cotton nya.

      Terima kasih kembali

  87. Artikelnya bagus :)
    Mau nanya nih
    Jenis kain yang di pake buat bikin seragam sekolah yg kayak sekolah2 di Korea itu apa yah ?
    Mohon di jawab :)

  88. Ijin copas buat webku mba
    Thanks

  89. mau nanya nih, klo bahan cotton polyster dibuat jas/blazer bagus gk?
    mohon bantuan penjelasannya

    • Untuk bahan polyster itu ada unsur plastiknya, sepertinya terlalu tipis jika dipergunakan untuk jas/blazer. Mungkin bahan yang biasa dipakai untuk jas yang semi formal itu tuise atau bisa juga jetblack.

      Semoga membantu :)

  90. Mbak mau tanya, kalo kain yg cocok utk bikin gamis itu apa ya? Klo jersey inport disini brp per meternya? Terimakasih.

    • Untuk baju gamis biasanya pakai bahan jersey korea gitu mbak yang lemes dan enteng dipakai. Bisa juga bahan sifon yang tipis dan ringan..

      Untuk per meternya bervariasi, mungkin bisa di cek di tanah abang. Kalau mau harga agak miring bisa di coba daerah cipadu. :)
      Semoga membantu infonya..

  91. Permisi mbak.. Artikelnya bagus banget! Mau tanya buat bahan kemeja zara itu biasanya yang gimana ya? kayak ciffon tapu tebel gitu mbak.. Terima kasih :)

    • Kalau untuk sifon biasanya bahannya tipis dan enteng mbak, mungkin itu ada unsur cotton nya ya jadi tebal. Terima kasih sudah mampir di sini mbak, semoga artikel saya membantu :)

  92. top artikel nya gan.. ijin copas ya gan buat bagi bagi ilmu kpd pecinta fashion. *Jempolan

  93. Jual kain bludru ga?terus permeter berapa? :)

    • Mohon maaf, untuk kain saya belum menjual biasanya membeli untuk keperluan konveksi pesanan dari konsumen :)

      Mungkin mbak bisa cari di pasar tanah abang atau di daerah cipadu.. :)

  94. mbak bahan yang jatuh seperti bahan korea itu apa ya nmanya dibuat untuk bahan gaun ?
    trims

  95. ijin copas yah…

  96. Mbak, kalau untuk bahan kemeja anak sekolah sebaiknya jenis apa ya? karena saya pernah menjahitkan pakaian untuk anak saya, kata sipenjahit bahan yang dia gunakan adalah katun. Tapi setelah dicuci beberapa kali kok bahannya berserabut dan berjamur. Padahal setiap habis pakai selalu saya cuci. Mohon bantuannya dan terima kasih banyak.

    • Kalau untuk bahan kemeja umum nya pakai bahan drill bu.. Kalau untuk timbul serabut itu biasanya ibu sikat atau ibu pakai mesin cuci ya ketika mencuci nya? kalau bahan katun yang bahanya agak tebal memamng biasanya bisa timbul serabut..

      Semoga membantu ibu…

      Terima kasih :)

  97. Lengkap bgt, ijin utk share ya :) Tks.

  98. saya ani kendal, mau tanya apa jenis kain jersey impor itu? macem2, terus beda apa? jersey impor sama jersey micro sama gak

    • Selamat pagi mbak ani.. untuk jersey micron ya, itu bahan jersey kurang lebih hampir sama. Biasanya beda nya di ketebalan bahan serta motif mbak..

      Semoga membantu..

      terima kasih :)

  99. Ijin share ya..berguna bgt infonya… Buat bacaan teman2 yg srg belanja online ..srg kecewa..krn bahan tdkk sesuai dgn harapan..

  100. sist,,,jual jenis2 kain grosiran yea????boleh minta pin/nopenya????trims

  101. wah makasih mas bro atas ilmunya, sy nyari2 ini dari dlu ga nemu2..
    soalx sy bru di bidang fashion..
    izin share ya ;)

  102. Mba mau tanya, kalau mau bikin blazer buat cewek sama cowok bagusnya pakai bahan apa ya? yang ga trlalu tebel, kaku & bs nyerep kringet biar ga panas kalo dipakai di negara tropis kaya Indonesia. Mohon bantuannya. balas. Trimakasih.

  103. assalammualaikum anda punya bahan bwt kaos distro gak wassalammualaikum

  104. Ternyata banyak juga ya jenis bahan-bahan kain untuk baju. Thanks Gan atas informasinya.
    Lebih bagus lagi kalo ada gambarnya, untuk tiap-tiap jenis bahan tersebut biar lebih jelas…just usul…

  105. Lurik juga termasuk bahan kain juga kah?

  106. Makasi banyak.. Mbak!!aku mau tanya.. mbak disainer?.cita-cita saya ingin mnjadi dsainer tapi saya sama skali tidak tahu bahan-bahan membuat pakaian dan alhamdulillah stelah aku baca ini aku jadi tahu..makasi banyak :)

  107. siank…
    mo tnya nih klo bahan “matt” tu yg kya’ gmna za??

  108. infonya sangat membantu,,boleh izin share??

    oh iya sya mau tanya,,bahan yg quick dry itu seperti apa ya??nama bahannya apa ya?? terima kasih sebelumnya

    • Silahkan, Jangan lupa sertakan alamat website ini ya :)

      Bahan quick dry itu bahan yang cepet kering he..he..

      itu diaplikasikan di pakaian olah raga kalau gak salah..

  109. maaf mau tanya,bahan hemp itu seperti apa ya? cocok tidak untuk yang berbadan agak gemuk ? hehe :)

  110. Ka aku mau tanya, jd jilbab bahan ceruti itu lebih bagus ya dari sifon ?
    Kalo bahan diamond italiano itu kaya gimana dan mana yang lebih bagus dr ketiganya ?
    Sblmnya makasi kk :)

  111. tes

  112. Mau tanya,gini.. sekarang kan byk yg jualan pakaian online,trus bahanx juga macam2. Seperti fleece,babyterry,lolypeach de el el..
    aq pernah beli jaket bhnx fleece,klo dilihat dr gambar bagus bgt,ternyata pas dibeli bahanx ga bagus sama sekali.. (merasa ketipu). Soalnya bahan2 spt itu ga prnh dengar sebelumnya (bhn baru kali ya?).
    pertanyaanx: apa jenis2 seperti itu emang dibwah standar?

    • Sore..

      Untuk bahan nya yang standar itu biasanya flencee sama baby terry, it umum dipakai untuk model sweater atau handuk mas. soalnya bahannya agak tebal.
      Kalau untuk kaos itu umumnya cotton. Itu nanti ada variasi yang cotton combed atau cotton cardet, ada juga yang bahan PE (dibawah cotton) serta higet.
      Kalau yang model pakaian cewek itu biasanya model spandek…

      Kalau mas mau banyak tau tentang bahan bisa coba main ke tanah abang yang blok auri, atau kalau mas punya kenalan konveksi atau penjahit bisa tanya-tanya juga biar sekalian lihat bahan yang dimaksud, soalnnya untuk kain itu sama seperti barang elekronik juga, ada kualitas ori atau kw, cuman kalau di kain itu biasanya terletak pada ketebalan dan jenis kain nya.
      Semoga membantu mas :)

  113. Mba, kalau bahan hollow composite kyk gmna ya?

    • Sore mbak…

      Itu namanya jarang saya denger mbak… itu untuk pakaian wanita ya biasanya, soalnya kalau untuk pakaian wanita itu kadang ada penyebutan yang bermacam-macam padahal itu tetap jenis yang sama.. :)

      Mohon maaf belum bisa membantu mbak…

  114. Assalamu’alaikum. maaf mau tanya nih. kalo bahan spandek korea itu bahannya panas/dingin ya (nyerap keringat) dan itu bahannya rada tipis (mesti pakai dalaman lg) atau ga ya? mohon bantuan infonya ya mba? terimakasih

    • Waalaikumsalam..

      kalau untuk bahan spandek itu teksturnya tipis dan mengikuti bentuk tubuh… Itu bahan nya gak begitu menyerap keringat (untuk bahan yang menyerap keringat itu ada unsur cotton nya), cuman gak terlalu panas karena bahan nya tidak terlalu tebal.

      Baiknya sih pakai dalaman lagi mbak kalau warna kainnya putih atau agak tipis…

      Semoga membantu :)

  115. Maaf ♏ßãќ, ♏ǻμ ijin copas utk nambah pengetahuan ϑαϞ sbg pelengkap tugas anak. Oya, saya ♏ǻμ tanya ǩαℓŏ kain wedges itu ЎάϞƍ bgmn ≈Ўªãª≈ ?

  116. izin untuk saya copy gan…. trim’s

  117. Kmrn bli dress bahannya 60% cotton 40% polyester, bahannya tebal spt gorden gitu,klo mau bli bahannya tuk jait sndiri blgnya apa yak?

    • Maksudnya bilang gimana ya mbak?

      Mbak mau beli bahan nya? itu biasanaya kalau ada campuran gitu bisa bilang cari bahan PE mbak. nanti mbak cek kadar cotton dan polyester nya berapa..

  118. Gan, kalo kain twistcone bagaimana? misal dibuat gamis tidak memakai furing apa tidak nerawang? dan bagaimana karakteristik kainnya, mudah kusut kah? terima kasih artikelnya membantu sekali :D

  119. izin share ya gan

  120. Sangat bermanfaat…mohon ijin copaste dan share

  121. Info yang sangat berguna,terima kasih
    bolehkan saya kutip sebagian dari informasi disiini untuk kelengkapan dari web saya,terima kasih sebelumnya…

  122. Ijin share y mb,,terimakasih

  123. ijin share ya gan, untuk di olshopku, boleh kan? trimakasih :)

  124. Alo.. Artikelnya bagus, kebetulan aku lagi coba belajar jenis-jenis kain. Bisa buat peganganku buat survey nanti biar bisa pegang satu-satu bahan2nya seperti apa. Izin share yah :)

    Oh iya, apa kamu bisa sharing mengenai ukuran-ukuran kain (berapa meter) yang biasanya dibutuhkan (secara umum) untuk membuat :
    1.Dress terusan (long dress) lengan panjang
    2.Dress terusan (long dress) tanpa lengan
    3.Celana panjang
    4.Rok panjang
    5.Batwing
    6.Blezer

    Terima kasih yah.
    Salam kenal

    • Sore..

      Kalau untuk ukuran kain itu biasanya tergantung sama ukuran badan nya mbak. tapi bisanya kalau mengacu pada model kaos standar, kalau 1 Kg itu bisa jadi 3 baju ukuran dewasa. Nah, kalau untuk yang lain itu tergantung model variasi dari pakaian yang mau di buat juga mbak :)

      Semoga membantu..

  125. kalau untuk buat blazer korea gitu, cocok ny bahan apa ya?

  126. Permisi mau tanya untuk bahan kemeja, jaket, kaos, dan tas mending pakai yang mana ya?? :)

  127. ijin copy ya mba

  128. Kalo bahan untuk layar film (screen) untuk layar tancep itu dari apa ya??

    • sore,

      maksudnya bahan kainnya atau apa ya mas? kalau untuk layar tancap setahu saya mungkin bahan kain biasa saja yang penting bisa disorot untuk cahaya film..

      semoga membantu :)

  129. Boleh ijin share tha sis?

  130. berguna banget infonya, ijin share

  131. mba’ kalo bahan spandek korea itu kelebihannya apa ? bisa nyerap keringat ?

    • Sore..

      Untuk bahan spandex itu kelebihannya ketika dipakai itu bisa mengikuti body bahan, biasanya suka dipakai buat wanita yang ingin kelihatan pas dipakai dan tidak kelihatan gombrong-gombrong (kebesaran) ketika pakai kaos :)

      Biasa juga dipakai untuk bahan model baju gamis…

      Kalau untuk menyerap keringat biasanya bisa pakai yang bahan spandex di kombinasikan dengan unsur cotton (jadi bahan cotton spandex), cuman karena sifat spansex yang lentur seperti bahan polyester jadi itu tetap tidak bisa maksimal dalam menyerap keringat, tidak seperti bahan kaos cotton combed yang murni dari katun.

      Semoga membantu..

  132. thanks info kainnya ya mas, saya jd tambah ilmu :)

    • terima kasih kembali mbak :)

      Sukses selalu

      • Mas, mau tanya.. Klo nyari bahan spandek/ jersey Korea yg motif dan per rol di Jakarta dimana ya? Klo sama Bandung murah mana? Hehee. Sama bahan kaos motif sisa pabrik gitu biasanya bisa dicari dmn? Sya dari daerah soalnya, disini per meter jadi mahal banget. Padahal setahu sya klo jersey/ spandek kan jual nya kiloan.
        Mohon infonya ya Mas. Makasih

      • Kalau untuk bahan yang agak miring bisa coba cari di daerah cipadu mas :)

        Cuman harus rajin-rajin cek kondisi barang nya karena biasanya untuk produk kain cipadu itu hasil sisa kain pabrik..

  133. Ijin share ya gan,, bagus artikelnya untuk menambah wawasan dan pastinya jadi gak salah beli bahan / baju

  134. trims info nya, tapi saya masih belum jelas. kalau untuk bahan lingerie dibuat dress apa ya?

  135. gan mau tanya kalo untuk satin silk itu bagaimana ya?
    infonya berguna sekali nih..ditunggu balasannya ya :)

  136. Thanks infonya mas :) izin copas :D

    oya mas, kalo kain crepe itu harganya brp ya ?
    thanks

  137. thanks info nya , ijin copas yah untuk share :)

  138. sangat berguna sekali :-D makasih infonya :-)

  139. Izin share ya.. :)

  140. Izin copas mas, pasti saya cantumkan sumbernya, terima kasih sebelumnya

  141. Mlm gan, mau tanya
    Bahan wool crepe itu seperti apa ya??, tekstur’y kya gimana??
    Thx sblumnya

  142. Sore gan, mau tanya, klo bahan wool crepe itu seperti apa ya??, thx sebelumnya….

  143. permisi ijin copas… pingin belajar mengenai bahan… terimakasih banyak..

  144. aq izin share ya mba ^_^

  145. hai salam kenal yah, thx bgt untuk info jenis2 bhn pakaian. ini sgt mmbantu sy mnjwab prtanyaan cstomer:-) boleh yah sy share artikel ini di fb olshop sy, thx a lot:-)

    By: Richa

    • Salam kenal mbak :)

      Silahkan di share semoga membantu.. jangan lupa sertakan alamat web ini ya mbak biar ramai juga di sini :)

      Semoga membantu..

      sukses selalu..

  146. Artikel yang bagus bgt nih, izin copas ya mba,, buat aq share, krn aq punya shopping on line di FB,, banyak custumer aq yang tnya2 soal detail jenis2 bahan… mksh. (FB : @abib on line)

  147. salam kenal y mb
    oh y mb bhan yg bgus buat blus tu bhan yg apavya?

    • Salam kenal…

      Untuk blus itu biasanya yang model nya jatuh ketika dipakai (dalam artian bahan nya enak di lihatnya).

      Bahan nya bisa juga dengan drill tapi yang bahannya agak tebal dan halus.. atau juga bisa dengan bahan tuise atau jet black untuk bahan jas..

      Terima kasih…

  148. jos,,, mb’ maw tania soal bhan Jetblack n twiscon ciri2na… nuhhun

    • Sore… Kalau utnuk bahan jetblack dan twiscon itu biasanya diaplikasikan untuk jas semi formal.. kain nya agak berat dan jatuh kelihatan nya ketika dipakai sama seperti jas gitu.

      Semoga membantu..

  149. sore admin, thnks atas artikel yang di publish, sangat membantu

    min saya mau tanya2 nie..
    saya dari sumatera, admin distibutor berbagai jenis pakaian dengan model2nya yah? boleh bantu saya ngk beri list harga2 baik itu kaos, celana,jacket, atau yang lain, soalnya saya mau mencoba merintis penjualan baju, baik itu untuk di pasarkan di distro atau di jual di pasar pasar.
    kalu bisa sampel2 pakaian jadinya dalam bentuk gambarnya dikasih, soalnya saya masih belum paham jenis bahan jika telah jadi (pakaian siap pakai),
    ini email saya : world.dimensionart@yahoo.co.id

    • Sore..

      Terima kasih banyak atas penawaranya :)

      Saya tertarik untuk mengembangkan bisnis di daerah sumatera… :)

      Kalau untuk modelnya saya biasanya lebih kepada konveksi mas, dimana saya membuat baju sesuai pesanan konsumen, jadi bukan kepada bentuk buat baju dlu baru dilempar ke pasar.

      Mungkin kalau mas mau bisa join juga dengan saya. Kalau mas bisa desain grafis malah lebih bagus, jadi ams buatkan desain nya nanti mas cari konsumen nya, begitu ada yang minat nanti tinggal saya produksi :)

      Info lanjut bisa sms di 085694271635.

      Terima kasih..

  150. nice info..thnx

  151. Ijin repost ya.. Buat ke fanpage olshop baju aku.. Aku cantumin sumber kok :) makasii

  152. mbak bahan bludru itu panas gak yaa mbak ?? soalnya saya mau buat kebaya dr bahan bludru .

  153. Mbak mo nany kl bahan beby tery n spandek bedany d mana ny ya?mohon infony.TQ

    • Kalau bagan baby tery itu bahannya agak tipis dan lemes tapi gak terlalu ketat.. Biasanya dipakai di bahan jaket, hampir mirip dengan bahan diadora tapi di bagian dalam nya agak seperti lapisan beludru gitu.

      Sedangkan bahan spandek itu biasa dipakai di kaos dan kalau dipakai melar dan mengikuti body badan.. Biasanya sering dipakai di kaos yang ketat jadi kelihatannya pas di body dan meskipun terlihat kecil tapi karena sifatnya yang agak melar pas di pakai itu tetap bisa dan istilahnya nye-trit di body badan..
      Semoga membantu :)

  154. Ijin repost ya.. Buat ke fanpage olshop baju saya..insya Allah saya akan cantumkan sumbernya :)

  155. hi salam kenal, saya mau tanya kalo bahan lapisan dalam untuk bikini atau underwear biasa pakai bahan apa ya?
    terimakasih : )

  156. teriakasih gan, blognya aku sava,jad kalo mau order baju, bisa dapat keterangan bahan baju nya seperti apa :)

  157. terima kasih atas informasinya… :), semoga bermafaat bagi kita semua :)

  158. Ijin save artikelnya ya… :)

  159. klo jilbab zoya yg segi empat itu bahannnya apa ya???

  160. ijin copy untuk di post di toko online baju couple saya ya gan. boleh kan? terimakasih :)

  161. artikel nya keren sekali mba, mau minta sarang dong mba, untuk jaket” kasual khususnya pria bahan paling baik nya make apa yaa?

  162. salam kenal mbak…

    mau tanya, bahan jersey yang kualitas super original untuk baju muslimah di mana saya bisa dapatkan. karena saya banyak melihat bahan jersey baju gamis muslimah berbeda beda kualitasnya, yang saya tahu jersey korea dan cina saja, gimana membedakannya ?
    makasih sebelumnya.

    • Salam kenal mbak.. Untuk kain itu sebnarnya harus banyak-banyak terjun langsung ke TKP (Pasar Kain :) ) biar bisa jelas perbedaan kain yang ada. Kalau mbak ada waktu bisa main-main ke pasar tanah abang auri dan cipadu buat lihat-lihat bahan kain yang ada..

      Terima kasih :)

  163. Mohon ijin copy paste jenis2 bahannya yaaa :) terima kasih.

  164. kalau hisofi itu yang bagaimana?

  165. Wah bagus bgt artikel! (y) membantu saya yg suka bikin baju sendiri. Suka bingung sama nama bahan2nya soalnya hehe.
    Ohya boleh nggak kpn2 artikel kaya ini disertain foto nya jg dong hehe. Makasi ya. Lanjutkan!

    • Pagi..

      Alhamdulillah kalau dapat membantu artikelnya..

      Insya allah nanti kalau ada kesempatan saya berikan pua foto nya.. Cuman kalau untuk bahan kain itu kalau foto agak suka gak jelas perbedaan nya :)
      Kalau untuk kain itu bagusnya bisa langsung lihat dan megang kainnya biar ketahuan jenis kainnya :)

      Terima kasih mas..

  166. Makasih Banyak Gan…. Sangat Membantu Sekali Tentang Pengertian Bahan-Bahan Baju. Niche Post Gan

  167. wow lengkap banget ka :)
    saya mau tanya klo bahan marsoto itu bagus gk ya ka?
    dan bahan dalamnya cocok menggunakan bahan ap ya?
    saya rencananya mau buat jaket parka.
    terimkasih
    -indri-

    • Terima kasih mbak :)

      Untuk bahan marsoto itu bahannya agak tebal karena bahannya masuk ke jenis bahan canvas.. karena bahannya sudah cukup tebal biasanya dalam nya tidak perlu ditambah puring, takut nanti malah jadi gerah. Tapi klau mau di pakai puring biar lebih bagus bisa pakai bahan puring yang tipis saja jangan tebal.

      Semoga membantu :)

  168. salam kenal, artikelnya bagus, ijin repost ya buat referensi butik online saya. demi pelanggan saya bisa kenal jenis kain. saya akan cantumin sumbernya. baca2 wiki kok kurang puas. makasi sebelumnya. ini website saya http://www.blueberry-boutique.com dan blueberrybtq.blogspot.com

  169. assalamualaikum..teriakasih artikelnya mbk/mas….bermanfaat
    semoga dapat post hal” baru :)

  170. Mohon ijin download yach..nuwun

  171. saya sampai saat ini masih kesulitan mencari kain yang sesuai dengan kebutuhan dan model-model yang sesuai di daerah kota saya. dimana ya saya bisa mendapatkan kain dengan harga murah tapi berkualitas? terutama penjual kain online saya msih kesulitan mencari. kebanyakan dijual permeter, jatuhnya sangat mahal kalau pembelian kain banyak. saya mencoba membuka usaha busana muslim, tapi masih awam sekali dengan jenis-jenis kain. minta bantuannya. terima kasih bantuannya

    • Selamat sore..

      Kalau untuk pasar kain skala konveksi yang butuh kain roll besar dan banyak itu biasa nya ada di tanah abang auri, cipadu atau di daerah cileduk. Kalau untuk skala butik biasanya yang dipakai harus cari di daerah blok M atau di daerah toko-toko kain di mall atau di toko seperti mumb*i tekstil yang bisa beli beberapa meter saja.

      Semoga membantu dan sukses selalu untuk usaha nya mbak :)

  172. Izin share dblog n olshop ku ya admin yg baik hati

  173. Assalamu’alaikum kak.,mau tanya kalau bahan buat coat sma blazer org” korea itu apa ya.?thank’ sblmnya.infonya membntu.,

    • Waalaikumsalam..

      Pagi mbak, untuk blazer korea itu bisa pakai bahan adidas mbak karena biasanya model nya tebal gitu ya blazer orang korea tapi tergantung juga model yang ada mbak..

      Semoga membantu :)

  174. assalamualaikum mbk,, saya mau nanya mbk, ada online shop yang menjual baju2 hijabers seperti hoodie berbahan jersey. kira2 bagus apa gak/bahannya yang gimana ya mbk jersey itu?secara saya gak tidak terlalu ngerti soal bahan2 kain, mau coba beli tapi takutnya bahannya gak nyaman dipake. mohon dijelaskan ya mbk. maksih sebelumnya…

  175. Bagus sekali artikelnya, klo bahan kasandra dan jelly seperti apa ya? Makasih..

  176. permisi, mau tanya, kalau bahan yang bagus buat baju anak, apa yah?

    • Selamat malam.. kalau utk anak2 yang modelnya kaos itu bahan yang umumnya bagus dipakai itu cotton.. tapi bisa dengan yang kualitas lebih lembut dan agak tebal biar gak mudah masuk angin.. biasa dipakai yang cotton combed 20s karena lembut dan nyerap keringat…
      Semoga membantu..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: